Rabu, 15 Mei 2013

ASUHAN KEBIDANAN IV TENTANG KEHAMILAN GANDA


 


Disusun Oleh :
Devi Oktaviyanti (10150282)


KATA PENGANTAR
Puji syukur kami mengucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas Rahmat dan karunia-Nya tugas makalah tentang ‘’ Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan Ganda ’’.  Ini dapat di selesaikan.
Makalah ini membahas beberapa uraian  penting  tentang penatalaksanaan asuhan kebidanan pada kehamilan ganda. Dalam makalah ini juga di bahas mengenai berbagai aspek yang melekat pada setiap asuhan kebidanan pada kehamilan patologis.
Makalah ini di susun dengan maksud untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami asuhan kebidanan pada kehamilan patologis dan mempermudah mahasiswa dalam proses pembuatan asuhan kebidanan pada kehamilan patologis. Kami menyadari  bahwa dalam peyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena ituapabila ada kritik dan saran dari pembaca, kami dengan senang hati akan menerima egala macam masukan dan saran dari pembaca dan kami ucapkan terima kasih.







                                                                                                                        Yogyakarta, 08 Maret 2012


                                                                                                                                    Tim Penyusun





DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR………………………………………………………………………………………i
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………………….ii
BAB I. PENDAHULUAN
            1. Latar Belakang…………………………………………………………………………………...1
            2. Rumusan Masalah………………………………………………………………………………..2
            3. Tujuan……………………………………………………………………………………………2
            4. Manfaat…………………………………………………………………………………………..2
BAB II. PEMBAHASAN
           1. Definisi…………………………………………………………………………………………..
           2. Faktor – faktor Predisposisi……………………………………………………………………..
           3. Etiologi………………………………………………………………………………………….
           4. Patofisiologis…………………………………………………………………………………..
           5. Diagnosis………………………………………………………………………………………
           6. Komplikasi……………………………………………………………………………………
           7. Penatalaksanaan Kehamilan Kembar
           8. Penanganan Persalinan
           9. Format Asuhan Kebidanan pada Kehamilan Kembar
BAB III. PENUTUP
           1. Kesimpulan
           2. Saran
DAFTAR PUSTAKA.





BAB I
PENDAHULUAN

            A. Latar Belakang
Infeksi Rubella ditandai dengan demam akut, ruam pada kulit dan pembesaran kelenjar getah bening. Infeksi ini disebabkan oleh virus Rubella, dapat menyerang anak-anak dan dewasa muda. Infeksi Rubella berbahaya bila tejadi pada wanita hamil muda, karena dapat menyebabkan kelainan pada bayinya. Jika infeksi terjadi pada bulan pertama kehamilan maka risiko terjadinya kelainan adalah 50%, sedangkan jika infeksi tejadi trimester pertama maka risikonya menjadi 25%. Tanda tanda dan gejala infeksi Rubella sangat bervariasi untuk tiap individu, bahkan pada beberapa pasien tidak dikenali, terutama apabila ruam merah tidak tampak. Oleh Karena itu, diagnosis infeksi Rubella yang tepat perlu ditegakkan dengan bantuan pemeriksaan laboratorium. (America College of Obstatrician and Gynecologists, 1981).
Infeksi CMV disebabkan oleh virus Cytomegalo, dan virus ini termasuk golongan virus keluarga Herpes. Seperti halnya keluarga herpes lainnya, virus CMV dapat tinggal secara laten dalam tubuh dan CMV merupakan salah satu penyebab infeksi yang berbahaya bagi janin bila infeksi yang berbahaya bagi janin bila infeksi terjadi saat ibu sedang hamil. Jika ibu hamil terinfeksi, maka janin yang dikandung mempunyai risiko tertular sehingga mengalami gangguan misalnya pembesaran hati, kuning, pengkapuran otak, ketulian, retardasi mental, dan lain-lain. (Anonim, 2001)

2. Rumusan Masalah
3. Tujuan
a.         Tujuan Umum
                Diharapkan mahasiswa akademi kebidanan mempunyai wawasan yang lebih dalam dari pengalaman yang nyata dalam melaksanakan manejemen kebidanan.
b.        Tujuan Khusus
1.    Mahasiswa mampu melaksanakan pengkajian data pada klien
2.    Mahasiswa mampu membantu identifikasi masalah pada klien
3.    Mahasiswa mampu membantu identifikasi masalah potensial pada klien
4.    Mahasiswa diharapkan mampu membantu identifikasi tindakan segera pada klien
5.    Mahasiswa mampu membuat rencana asuhan kebidanan disertai rasionalisasi dan intervensi pada klien
6.    Mahasiswa mampu membuat intervensi yang telah ditentukan pada klien
7.    Mahasiswa mampu mengevaluasi pada klien
8.    Mahasiswa diharapkan mampu melakukan dokumentasi asuhan kebidanan terhadap tindakan yang dilakukan

 4. Manfaat












BAB II
Tinjauan Teori

A.    CMV (Cytomegalovirus)
1.      Definisi Cytomegalovirus
Cytomegalovirus atau lebih sering  disebut dengan CMV adalah infeksi oportiunistik yang berhubungan dengan HIV. Virus ini dibawa oleh sekitar 50% populasi dan 90% penderita dengan HIV. Cytomegalovirus juga merupakan anggota keluarga virus herpes yang biasa disebut herpes viridoe. CMV sering disebut sebagai virus paradox karena bila menginfeksi seseorang dapat berakibat fatal, atau dapat juga hanya diam di dalam tubuh penderita seumur hidupnya.
Infeksi CMV disebabkan oleh virus Cytomegalo, dan virus ini termasuk golongan virus keluarga Herpes. Seperti halnya keluarga herpes lainnya, virus CMV dapat tinggal secara laten dalam tubuh dan CMV merupakan salah satu penyebab infeksi yang berbahaya bagi janin bila infeksi yang berbahaya bagi janin bila infeksi terjadi saat ibu sedang hamil. Jika ibu hamil terinfeksi, maka janin yang dikandung mempunyai risiko tertular sehingga mengalami gangguan misalnya pembesaran hati, kuning, pengkapuran otak, ketulian, retardasi mental, dan lain-lain. (Anonim, 2001)
2.      Epidemiologi Cytomegalovirus
Human Cytomegalovirus (HCMV/CMV) atau human herpes virus 5 ditularkan melalui kontak intim atau berulang dengan pengidap virus melalui transmisi vertical dari ibu ke janin, transfuse produk darah dan transplantasi organ atau sumsum tulang dan donor sero positif CMV. Virus dapat ditemukan dalam urine, sekresi orofaring, sekresi serviks, vagina, semen, ASI, air mata, dan darah.
CMVdapat menyebabkan infeksi primer atau sekunder dapat menyebabkan infeksi congenital. Infeksi CMV congenital dapat terjadi pada bayi seorang ibu yang imun terhadap CMV meskipun terdapat antibody dalam serum ibu. Disamping itu seorang ibu dapat melahirkan lebih dari seorang bayi dengan infeksi congenital yang disebabkan reaktivitas infeksi laten. Diduga infeksi CMV congenital simtomatik terjadi dalam trimester I atau II, terutama bila mengakibatkan kerusakan susunan syaraf pusat.
Janin dan bayi yang baru lahir dapat terinfeksi CMV karena tertular dari ibunya yang baru terinfeksi pada saat hamil. Atau sang ibu pernah terinfeksi sebelumnya dan pada saat hamil virus menjadi aktif lagi. Atau ia terinfeksi lagi oleh CMV jenin yang sama atau jenis lain pada saat hamil.
Penularan dari ibu kepata janin atau bayi dapat terjadi pada saat; bayi masih di dalam kandungan (infeksi prenatal) dimana virus ditularkan melalui darah, plasenta, yang menyebabkan infeksi congenital atau infeksi bawaan; Proses melahirkan, dimana bayi kontak langsung dengan lendir vagina/serviks sang ibu yang mengandung CMV; Setelah lahir (infeksi postnatal) terutama karena kontak dengan ASI dan air liur.
ASI yang terinfeksi mengandung CMV dapat menjadi sumber penularan bagi bayi pada saat menyusui. Rata – rata 50-60% bayi yang mengkonsumsi ASI yang mengandung CMV akan terinfeksi. Tetapi karena CMV yang terdapat pada ASI umumnya akibat reaktifitas virus (infeksi sekunder) maka kebanyakan bayi yang tertular tidak sakit karena telah memiliki antibody dari ibunya. Tingkat antibody maternal tidak mempengaruhi frekuensi infeksi pada bayi.
3.      Gejala yang timbul
Pada manusia sehat dengan kehamilan atau imunokompeten, penyakit infeksi CMV seringkali asymptomatic. Gejala yang mungkin timbul berupa gejala mirip mononukleus tanpa disertai faringitis, tonsillitis atau lifadenopati. Penularan secara vertical pada infeksi primer ataupun sekunder belum dapat diprediksi. Janin dalam kandungan tidak atau dapat terinfeksi baik pada infeksi symptomatic diagnosisnya dapat diperlukan secara klinis antara lain berupa retardasi pertumbuhan, intrauterine, kuning, hepatosplenomegali, asites, petekie, atau purura, pneumonitis, trombositopenia, hepatitis, hiperbilirubinemi, dan anemia hemolitik.
B.     Rubella
1.      Definisi Rubella
2.      Infeksi Rubella ditandai dengan demam akut, ruam pada kulit dan pembesaran kelenjar getah bening. Infeksi ini disebabkan oleh virus Rubella, dapat menyerang anak-anak dan dewasa muda. Infeksi Rubella berbahaya bila tejadi pada wanita hamil muda, karena dapat menyebabkan kelainan pada bayinya. Jika infeksi terjadi pada bulan pertama kehamilan maka risiko terjadinya kelainan adalah 50%, sedangkan jika infeksi tejadi trimester pertama maka risikonya menjadi 25%. Tanda tanda dan gejala infeksi Rubella sangat bervariasi untuk tiap individu, bahkan pada beberapa pasien tidak dikenali, terutama apabila ruam merah tidak tampak. Oleh Karena itu, diagnosis infeksi Rubella yang tepat perlu ditegakkan dengan bantuan pemeriksaan laboratorium. (America College of Obstatrician and Gynecologists, 1981).
Infeksi virus rubella merupakan


C.     Contoh kasus
Seorang ibu Ny. I umur 25 tahun G1P0A0 denan umur kehamilan 28 minggu datang ke BPM Yanti untuk memeriksakan diri. Ibu mengeluhkan bahwa mata sebelah kirinya tidak bias melihat dikarenakan ada bayangan seperti kabut putih dan bintik – bintik hitam seperti tinta sejak seminggu yang lalu, Ibu mengatakan HPHTnya tanggal 18 September 2012

D.    Asuhan Kebidanan
ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU HAMIL PATOLOGIS
NY. “A” UMUR 24 TAHUN G1P0A0Ah0 UMUR KEHAMILAN 12 MINGGU
DI BPM
No. Register                                                    : -
Masuk RS/PKM/BPM Tanggal/Pukul            : BPM/15 Maret 2013/16.34 WIB
Dirawat di ruang                                             : Ruang Periksa

I.    PENGKAJIAN DATA Tanggal:
A.    Biodata
1.      Identitas
        Ibu                                       Suami
       Nama                    : Ny. “A”                                 Tuan “P”
       Umur                    : 24 tahun                                26 tahun
       Agama                  : Islam                                     Islam
       Suku/Bangsa        : Jawa/Indonesia                   Jawa/Indonesia
       Pendidikan           : SMA                                     SMA
        Pekerjaan             : IRT                                        Wiraswasta
        Alamat                : Maguwoharjo

B.     Data Subjektif
1.      Alasan datang/dirawat
Ibu mengatakan ingin memeriksakan kehamilannya
2.      KeluhanUtama
Ibu mengatakan mual muntah, dan pusing
3.      Riwayat menstruasi
Menarche              : 13 tahun                    Siklus  : 28 hari
Lama                     : 6 hari                         Teratur : Ya
Sifat Darah            : Cair                           Keluhan: Tidak ada
4.      Riwayat Perkawinan
Status Perkawinan            : Sah                Menikah ke: 1 kali
Lama                     : 2  tahun         Usia Menikah Pertama kali: 22 tahun

5.      Riwayat Obstetrik: G1P0A0Ah0
Hamil ke-
Persalinan
Nifas

Umur kehamilan
Jenis Persalinan
Penolong
Komplikasi
JK
BB Lahir
Laktasi
Komplikasi
1.
Hamil ini


















































6.      Riwayat Kontrasepsi yang digunakan.
No.
Jns kontrasepsi
Pasang
Lepas
Tgl
Oleh
Tempat
Keluhan
Tgl
Oleh
Tempat
Alasan
1.
Ibu mengataka belum pernah menggunakan alat kontrasepsi





















7.      Riwayat Kehamilan Sekarang
a.       HPM :                         HPL :                          UK saat ini : 12 mggu
b.      ANC pertama umur kehamilan           :                      
c.       Kunjungan ANC
Trimester  I
      Frekuensi         : 1  Kali          
      Keluhan           : Mual, muntah
      Komplikasi      : Tidak ada
      Terapi              : B6, Bcomp

Trimester  II
Frekuensi         : -
Keluhan           : -
Komplikasi      : -
Terapi              : -

Trimester  III
Frekuensi         : -
Keluhan           : -
Komplikasi      : -
Terapi              : -

d.      Imunisasi TT :   1  Kali
TT 1     : tanggal …….
TT 2     : tanggal .........
TT 3     : tanggal .........
TT 4     : tanggal .........
TT 5     : tanggal .........
e.       Pergerakan Janin selama 24 jam (dalam sehari)
Ibu mengatakan belum merasakan pergerakan janin

8.      Riwayat Kesehatan
a.       Penyakit yang pernah / sedang diderita(menular, menurun dan menahun)
Ibu mengatakan tidak pernah / sedang menderita penyakit menular (Hepatitis, TBC, HIV) menahun (jantung, ginjal)
Ibu mengatakan mempunyai penyakit menurun yaitu hipertensi.
b.      Penyakit yang pernah / sedang diderita keluarga (menular, menurun dan menahun)
Ibu mengatakan dalam keluarga baik dari suami maupun ibu tidak ada yang pernah / sedang menderita penyakit menular (Hepatitis, TBC, HIV) menurun (Hipertensi, DM, Asma) menahun (jantung, ginjal)

c.       Riwayat keturunan kembar
Ibu mengatakan tidak ada riwayat keturunan kembar
d.      Riwayat operasi
Ibu mengatakan tidak ada riwayat operasi
e.       Riwayat alergi obat
Ibu mengatakan tidak ada riwayat alegi obat

9.      Pola Pemenuhan Kebutuhan
Sebelum hamil                                     Saat Hamil
a.Nutrisi
   Makan                                                                     
   Frekuensi      : 3 x/hari                                  Frekuensi         : 2 x/hari
   Jenis             : Nasi,sayur,lauk                      Jenis                : Nasi, sayur,lauk
   Porsi             : 1 piring                                   Porsi               : 1 piring
   Pantangan    : Tidak ada                              Pantangan       : Tidak ada
   Keluhan        : Tidak ada                              Keluhan           : nafsu makan agak
                                                                        berkurang karena sering mual
                                                                        muntah

   Minum
   Frekuensi      : 5 x/hari                                  Frekuensi         : 6 x/hari
   Jenis             : air putih, teh                          Jenis                : air putih, teh
   Porsi             : 1 gelas                                    Porsi               : 1 gelas
   Pantangan    : Tidak ada                              Pantangan       : Tidak ada
   Keluhan        : Tidak ada                              Keluhan           : Tidak ada

b.Eliminasi
   BAB            
   Frekuensi      : 1 x/hari                                  Frekuensi    : 1 x/hari
   Warna           : Kuning kecoklatan                Warna          : Kuning kecoklatan
   Konsistensi   : Lembek                                 Konsistensi  : Lembek
   Keluhan        : Tidak ada                              Keluhan      :Tidak ada

  BAK
  Frekuensi       : 5 x/hari                                  Frekuensi    : 6 x/hari
  Warna            : Kuning jernih                        Warna         : Kuning jernih
  Konsistensi    : Cair                                       Konsistensi  : Cair
  Keluhan         : Tidak ada                              Keluhan      : Tidak ada

                        c.Istiharat
  Tidur siang
  Lama             : 2 jam /hari                             Lama           : 2 jam/hari
  Keluhan         : Tidak ada                              Keluhan      : Tidak ada
 Tidur malam
  Lama             : 8 jam /hari                             Lama           : 8 jam/hari
  Keluhan         : Tidak ada                              Keluhan      : Tidak ada

                        d.Personal Hygiene
  Mandi                        : 2 x/hari                      Mandi              : 2x/hari
  Ganti Pakaian            : 2 x/hari                      Ganti Pakaian: 2x/hari
  Gosok gigi                 : 3 x/hari                      Gosok gigi       : 3x/hari
  Keramas                    : 3 x/mgg                     Keramas          : 3x/mgg
                      e.Pola seksualitas
  Frekuensi       : 3  x/minggu                           Frekuensi         : 1 x/hari
  Keluhan         : Tidak ada                              Keluhan           : Tidak ada

f.Pola aktifitas (Terkait kebiasaan fisik,olahraga)
   - ibu mengatakan mengerjakan pekerjaan rumah sehari-hari
    - ibu mengatakan melakukan aktifitas olahraga seperti berjalan-jalan di pagi
      hari

10.  Kebiasaan yang mengganggu kesehatan (merokok,minum jamu,minuman beralkohol)
- ibu megatakan tidak pernah melakukan kebiasaan yang mengganggu kesehatan  
  seperti merokok, minum jamu, minuman beralkohol

11.  Data Psikososial,Spiritual, dan ekonomi (penerimaan ibu/suami/keluarga terhadap kelahiran, dukungan keluarga, hubungan dengan suami/keluarga/tetangga, perawatan bayi, kegiatan ibadah, kegiatan sosial, keadaan ekonomi keluarga)
-    Ibu mengatakan suami dan keluarga senang terhadap kehamilannya
-    Ibu mengatakan suami dan keluarga mendukung penuh kehamilannya
-    Ibu mengatakan hubungan dengan suami,keluarga, tetangga terjalin baik
-    Ibu mengatakan akan merawat bayinya sendiri
-    Ibu mengatakan rutin mengerjakan sholat 5 waktu
-    Ibu mengatakan rutin mengikuti pengajian mingguan dan arisan
-    Ibu mengatakan penghasilan keluarganya lancar
            12.Pengetahuan ibu (tentang kehamilan,persalinan, nifas )
-    Ibu mengatakan sudah mengerti tentang kehamilan
-    Ibu mengatakan sudah mengerti tentang persiapan dan proses persalinan
-    Ibu mengatakan sudah mengerti tentang masa nifas
            13.Lingkungan yang berpengaruh (sekitar rumah dan hewan peliharaan)
-    Ibu mengatakan lingkungan di sekitar rumah ibu aman,nyaman dan bersih
-    Ibu mengatakan tidak memiliki hewan peliharaan

C.     DATA OBYEKTIF
1.      Pemeriksaan Umum
Keadaan umum     : Baik
Kesadaran             : Composmentis
Status Emosional  : Stabil
Tanda Vital Sign   :
Tekanan darah       : 150/90 mmHg               Nadi                        : 80 x/menit
Pernafasan             : 20x/menit                      Suhu            : 36,5ºC
Berat badan           : 63 kg                             Tinggi badan: 159cm

2.      Pemeriksaan Fisik
Kepala       : Hidrocepalus□ Messocepalusþ
Wajah        : Oval þ Lonjong□ Bulat□ cloasma □
Hidung      : Polip□ Sekret□ Bersihþ Simetrisþ
Mulut        : Kering□ Kharies□ Stomatitis□ Lidah bersihþ
Telinga      : Sumbatan serumen□ Infeksi□ Pendengaranþ
Leher         : Pembesaran kelenjar tiroid□ kelenjar parotis□ kelenjar limfe□
                  pembesaran kalenjar vena jugularis□
Dada         : Simetrisþ  Benjolan□ Pernafasan teraturþ  Denyut jantung teraturþ
                 Bunyi wezing□
Payudara   : Mamae membesarþ Areola hiperpigmentasiþ Putting susu     
                  menonjolþ
Abdomen  : Bekas luka□ Bekas operasi□ Strie albaþ
                  Palpasi:
Leopold I   : TFU : setinggi pusat
                     Pada bagian fundus  teraba ballotemen                         
                   Leopold II  :  Tidak dilakukan         
                   Leopold III : Tidak dilakukan
                   Leopold IV :Tidak dilakukan
                 Osborn test : Tidak dilakukan
                  Pemeriksaan Mc.Donal
                   TFU :  cm                                     TBJ :
                   Auskultasi
                   Djj  :
Ekstremitas atas    : Simetrisþ Bekas luka□ Oedem□ Kuku tidak pucatþ
                             Pergerakan normal þ
Ekstremitas bawah:Simetrisþ Bekas luka□ Oedem□ Varisesþ Kuku
                                 Tidak pucatþ Pergerakan Reflek patella kanan þ Reflek  
                                  patella kiriþ
Anus                      : Hemoroid : Ada□  Tidak adaþ
Genitalia luar         : dilakukan pemeriksaan genetalia eksternal terlihat adanya   
                                pengeluaran darah pervaginam dan terlihat gelembung-
                                gelembung mola seperti buah anggur
Pemeriksaan panggul : tidak dilakukan
(bila perlu)

3.Pemeriksaan Penunjang                          Tanggal : 15 maret 2013 Jam : 16.40 WIB
      HB : 10 gr% 
         4.Data Penunjang                                 Tanggal :
                   Test hCG Positif (+)
              

II.    INTERPRETASI DATA
A. Diagnosa Kebidanan
Seorang ibu Ny. ‘A’ umur 24 tahun G1P0A0Ah0 umur kehamilan 12 minggu dengan kehamilan Hipertensi Kronis
Data dasar   :
1. Data Subjektif         :
    a. Ibu mengatakan ini kehamilan yang pertama.
    b. Ibu mengatakan berusia 24 tahun.
    c. Ibu mengatakan tidak  pernah keguguran.
    d. Ibu mengatakan sering mual muntah dan pusing    
     e. Ibu mengatakan mempunyai riwawat hipertensi sebelumnya
    f.  Ibu mengatakan hpht nya 
    
2. Data Objektif          :
    -TD : 150/90 mmHg
    - N:80x/m                S:36,5 ºC
    -HB : 10 gr %
Palpasi leopold  I : Tfu : setinggi pusat , teraba ballotment
 - Berat badan       : 63 kg                                                    Tinggi badan: 159cm
-    DJJ             :
B.     Masalah.
Pusing, muntah-muntah ,dan ibu merasa cemas.

III.       DIAGNOSA POTENSIAL
Ibu : Preeklamsi
Janin : Kematian janin

IV.    ANTISIPASI TINDAKAN SEGERA
         A.Mandiri
             Tidak ada
          B.Kolaborasi
              Lakukan kolaborasi dengan dokter untuk pemberian obat
          C.Merujuk
              Tidak ada




Tidak ada komentar:

Posting Komentar