Kamis, 16 Mei 2013

Menarche



Defenisi Menarche
Menarche adalah haid yang pertama kali datang. Haid adalah perdarahan yang berasal dari uterus sebagai tanda bahwa alat kandungannya menunaikan fungsinya, terjadi setiap bulan secara teratur pada seorang wanita dewasa yang sehat dan tidak hamil. Haid merupakan ciri khas seorang wanita dimana terjadi perubahan-perubahan siklik dari alat kandungannya sebagai persiapan kehamilan (Depkes RI, 1998).
Fisiologis Menarche
Munculnya haid pertama terjadi di tengah-tengah masa pubertas, yaitu masa peralihan dari anak-anak ke dewasa yang memegang peranan penting dalam proses tersebut adalah hubungan Hipotalamus, Hipofisis dan Ovarium (Hypotalamic-Pituitari-Ovarikratis). Hal ini merupakan hasil kerjasama antara Korteks Serebri, Hipotalamus, Hipofisis, varium, Glanduna Supra Renalis dan Kelenjar-kelenjar Endokrin lainnya.

Metrorrhagia adalah perdarahan tidak teratur dan tidak ada hubungannya dengan haid6 namun keadaan ini sering dianggap oleh wanita sebagai haid walaupun berupa bercak11,12.
Metrorrhagia dapat disebabkan oleh kehamilan seperti abortus ataupun kehamilan ektopik6 dan dapat juga disebabkan oleh faktor luar kehamilan seperti ovulasi, polip endometrium dan karsinoma serviks. Akhir-akhir ini, estrogen eksogen menjadi penyebab tersering metrorrhagia11. Terapi yang diberikan tergantung etiologi.

Vaginitis adalah suatu peradangan pada lapisan vagina. Vulvitis adalah suatu peradangan pada vulva (organ kelamin luar wanita). vulvovaginitis adalah peradangan pada vulva dan vagina.
Oligomenorea merupakan suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah perdarahan tetap sama. Wanita yang mengalami oligomenorea akan mengalami menstruasi yang lebih jarang daripada biasanya. Namun, jika berhentinya siklus menstruasi ini berlangsung selama lebih dari 3 bulan, maka kondisi tersebut dikenal sebagai amenorea sekunder
Kolposkopi adalah meneropong mulut rahim/serviks dengan kaca pembesar,agar kelainan serviks bisa terlihat dan di lakukan Biopsi/mengambil jaringan yang di curigai,lali di periksa dibawah mikroskop.tindakan kolposkopi adalah tindak lanjut dari pemeriksaan pap smear yang bermasalah atau di temukan kelainan pada pap smear nya.

Histeroskopi adalah suatu prosedur yang dilakukan untuk memandang bagian dalam rahim. Alat yang digunakan tampak seperti teleskop tipis. Alat ini dimasukkan ke dalam vagina, melalui leher rahim, perlahan-lahan bergerak melalui saluran leher rahim ke dalam rongga rahim.

laparoskopi adalah semua tindakan bedah yang tidak membutuhkan sayatan lebar dalam melakukan eksplorasinya, tetapi memerlukan alat bantu kamera, monitor dan instrumen-instrumen khusus melakukan pembedahan melalui layar monitor tanpa melihat dan menyentuh anggota badan pasien. Bedah laparoskopi merupakan metode baru yang lebih nyaman untuk pasien yaitu bedah invasif minimal. Sejak pertama kali diperkenalkan teknik pembedahan ini memperlihatkan keunggulannya dibanding bedah konvensional sehingga berkembang pesat hingga saat ini.
He

Mastalgia adalah kondisi dimana payudara merasa nyeri. Sebenarnya mastalgia ini akrab dengan setiap wanita, karena selalu datang mengiringi waktu menstruasi.
Heru sedang mengetik

Leukoreo adalah Keputihan (white discharge, fluor albus, leukorea) merupakan istilah untuk setiap cairan yang dikeluarkan dari alat-alat genitalia wanita yang tidak berupa darah. Dalam kondisi normal, kelenjar pada serviks menghasilkan suatu cairan jernih yang keluar, bercampur dengan bakteri, sel-sel vagina yang terlepas dan sekresi dari kelenjar Bartolin.
Ligasi tuba (tubal ligation) adalah sterilisasi permanen dengan pembedahan yang memotong dan mengikat tuba falopi. Prosedur ini dapat dilakukan pada saat yang sama sebagai operasi caesar, yang menghilangkan kebutuhan untuk operasi kedua, atau enam minggu atau lebih setelah persalinan vaginal. Dalam kasus yang terakhir, sayatan kecil dibuat di dekat pusar.

Vaginoplasty adalah operasi yang dilakukan untuk mengencangkan vagina. Kerusakan umumnya disebabkan oleh kehamilan dan melahirkan. Kepala bayi yang dilahirkan, melewati vagina, bisa menyebabkan otot panggul terlalu "melar" dan merobeknya. Dan bisa menjadi lebih buruk lagi bila sang pasien tidak melakukan senam Kegel selama hamil dan setelah melahirkan.

Histerektomi adalah operasi pengangkatan kandungan (rahim, uterus) seorang wanita. Dengan demikian, setelah menjalani histerektomi seorang wanita tidak mungkin lagi untuk hamil dan mempunyai anak.
Histerektomi biasanya dilakukan karena berbagai alasan. Penyebab yang paling sering dilakukan histerektomi adalah adanya kanker mulut rahim atau kanker rahim.
Amenorea ialah keadaan tidak adanya haid untuk sedikitnya 3 bulan berturut-turut. Lazim diadakan pembagian antara amenorea primer dan amenorea sekunder. Kita berbicara tentang amenorea primer apabila seorang wanita berumur 18 tahun ke atas tidak pernah mendapat haid, sedang pada amenorea sekunder penderita pernah mendapat haid, tetapi kemudian tidak dapat lagi (Wiknjosastro, 2008)

Amenorea adalah tidak ada atau berhentinya menstruasi secara abnormal yang mengiring penurunan berat badan akibat diet penurunan berat badan dan nafsu makan tidak sehebat pada anoreksianervosa dan tidak disertai problem psikologik (Kumala, 2005)


Amenorea primer umunya mempunyai sebab-sebab yang lebih berat dan lebih sulit untuk diketahui, seperti kelainan-kelainan kongenital dan kelainan-kelainan genetik. Adanya amenorea sekunder lebih menunjuk kepada sebab-sebab yang timbul kemudian dalam kehiduapan wanita, seperti gangguan gizi, gangguan metabolisme, tumor-tumor, penyakit infeksi, dan lain-lain. Istilah kriptomenorea menunjuk kepada keadaan di mana tidak tampak adanya haid karena darah tidak keluar berhubung ada yang menghalangi misalnya pada ginatresia himenalis, penutupan kanalis servikalis dan lain-lain. Selanjutnya, ada pula amenorea fisiologik, yakni yang terdapat dalam masa sebelum pubertas, masa kehamilan, masa laktasi, dan sesudah menopause.
Menorrhagia adalah perdarahan yang berlebihan saat menstruasi. Normalnya, masa menstruasi adalah 4-7 hari. Menurut para pakar, darah yang mengalir di waktu itu sekitar 80 mL. Nah, jika periode haid berlangsung lebih lama atau darah yang keluar sangat banyak, diikuti nyeri hebat pada perut, kemungkinan besar Qt mengalami menorraghia.

Ovulasi adalah proses dalam siklus menstruasi wanita dengan ruptur folikel mana ovarium matang dan pembuangan sebuah ovum (juga dikenal sebagai oosit, gamet betina, atau santai, telur). Ovulasi juga terjadi dalam siklus estrus pada mamalia betina lain, yang berbeda dalam cara fundamental dari siklus menstruasi. Waktu sekitarnya segera ovulasi disebut sebagai fase ovulasi atau masa periovulatory.

Polimenorea adalah siklus haid lebih pendek dari biasanya (kurang dari 21 hari siklusnya atau masa bersih tanpa darah
haid kurang dari 2 minggu). Secara awam bisa terlihat sebagai haid yang terjadi dua kali atau lebih dalam satu bulan.
Banyaknya perdarahan bisa sama atau lebih banyak dari haid normal. Penyebabnya antara lain gangguan hormonal
sehingga siklus haid menjadi lebih pendek.

1 komentar: